[REPORT] Kegiatan Program Pengembangan Diri Paket A (PPD-A) HMTL FT-UH



Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin baru saja menggelar suatu kegiatan untuk mengembangkan sumber daya yang ada di dalamnya. Kegiatan dengan nama “Program Pengembangan Diri Paket A (PPD-A)” adalah kegiatan untuk pengembangan Kader dari Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMTL FT-UH) yang merupkan salah satu program kerja dari divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pada periode kali ini sekaligus merupakan periode pertama dilaksanakannya PPD-A, tema yang diambil yaitu “Pembentukan Kader Yang Berintegritas Dalam Mewujudkan Lembaga Yang Ideal”.

Tujuan Kegiatan ini untuk membentuk dan mengembangkan potensi calon pengurus agar memiliki kesadaran untuk berproses mencapai kedewasaan berpikir dan mempertegas identitas diri sebagai mahasiswa dan membuat calon pengurus memiliki wawasan keilmuan, pengetahuan dasar organisasi, dan pengetahuan dasar kemahasiswaan serta pembentukan pola pikir.



Kegiatan PPD-A ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 25 – 26 Oktober 2016 dan bertempat di Lecture Theatre 3 dan Gedung CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa.
Adapun Materi yang dibawakan pada kegiatan ini di hari pertama adalah Sinergitas Lembaga dan Jurusan yang dibawakan oleh Sekretaris Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan yaitu Dr.Eng Muralia Hustim, S.T, M.T,  materi kedua yaitu Sinergitas Organisasi dan Akademik oleh Alfiansyah Syukur, S.T, materi ketiga adalah Konsep Diri & Psikologi Kemahasiswaan oleh Laode Syarif Wuna, S.T, dan Materi terakhir adalah Problem Solving & Decision Making oleh Andi Akhmad Tahir, S.T.
 
Selama jalannya materi, situasi di dalam ruangan pada hari pertama sangat kondisif dan para peserta antusias untuk mengikuti jalannya materi dilihat dari aktifnya peserta memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh pemateri ataupun panitia.


Pada hari kedua, materi yang dibawakan ialah Analysis Tools oleh Syahiq Mahzuz Umar, materi kedua ialah Organisasi oleh Suprianto Marwing,  materi Ketiga tentang Admininstrasi oleh Andi Rahbil Fadly, materi keempat adalah materi Kepemimpinan oleh Iwan Setiawan, dan materi terakhir dibawakan oleh Fachri Djaman, S.T dengan materi Pergerakan Kemahasiswaan. Jalannya materi pada hari kedua pun tidak jauh berbeda dengan hari pertama. Para peserta tetap aktif dan antusias. 
Setelah peserta mengikuti seluruh materi, para peserta diberikan sesi khusus untuk  melakukan presentasi. Pada saat memulai persentasi awalnya peserta kelihatan tegang namun setelah beberapa saat, mereka mulai menikmati persentasi mereka, terlihat dari saat sesi tanya jawab, dimana peserta tidak memerlukan waktu lama untuk menjawab pertanyaan. Pada akhir acara, diberikan penghargaan untuk peserta terbaik selama jalannya kegiatan. Peserta terbaik pada PPD-A periode kali ini ialah Adinda Evianista (TL’15) kategori peserta putri dan peserta putra ialah Ahmad Burhanuddin (TL’15).[] 
--
Penulis: Agung Abadi
Editor : Hanami

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Official website of Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin