TENTANG POHON..




I speak for the trees for the trees have no tongues


Kutipan di atas merupakan kutipan dari sebuah film animasi berjudul The Lorax. Film yang mengajarkan kita tentang betapa bermaknanya sebuah pohon untuk kehidupan manusia. Tepat pada hari ini, 21 November, seluruh dunia memperingati hari pohon.


Mengapa harus ada hari pohon?

Hari pohon dimaksudkan untuk memperingatkan manusia akan pentingnya makhluk hidup yang bernama "pohon" bagi kelangsungan hidup mereka mengingat bahwa dari waktu ke waktu deforestasi hutan kian marak terjadi. Menggantikan pohon-pohon dengan pemukiman, gedung pencakar langit, dan lainnya.

Di kutip dari http://www.jerenk.com, pada tahun 1997-2000, laju kehilangan dan kerusakan hutan Indonesia mencapai 2,8 juta hektar/tahun. Dalam periode 2009/2010, deforestasi yang terjadi adalah seluas 832,126.9 ha dari seluruh total luas hutan di Indonesia yang berjumlah 131 juta ha (menurut data Dirjen Planologi Kehutanan 2011). Dan hal ini akan terus berlanjut.
Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika hutan terus dibabat dan pohon-pohon tumbang ke tanah. Ekosistem dalam hutan akan terganggu hingga satwa-satwa liar kehilangan rumahnya dan terancam punah. Selain itu, keseimbangan lingkungan mulai dari tanah hingga udara akan terganggu. Hal tersebut berkaitan erat dengan fungsi pohon yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Sebagai Produsen  

Pohon atau tanaman memiliki peringkat pertama dalam rantai makanan dimana berfungsi sebagai produsen atau sumber penyedia makanan bagi makhluk hidup lainnya. Jadi, bisa dibayangkan apabila pohon tomat, pohon toge, pohon apel, pohon rambutan dan lain-lain tidak ada, maka kita bisa kehilangan sumber makanan yang berakibat pada kelaparan, kekurangan gizi dan tebak saja akhirnya.

Penyerap Air dan Penjaga Kesuburan Tanah

Keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah hal ini sesuai dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60 - 80 persen. Selain itu, air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

Penyelamat Udara

Gas karbondioksida adalah salah satu gas rumah kaca yang berasal dari kegiatan manusia dan adanya siklus karbon. Karbondioksida merupakan salah komponen udara ambien yang apabila dalam jumlah yang berlebihan/ melebihi baku mutu udara ambien, maka akan menimbulkan efek rumah kaca. Dengan adanya pohon, maka karbondioksida akan diserap lalu digunakan sebagai bahan baku fotosintesis dan diolah hingga menghasilkan oksigen untuk kebutuhan manusia bernapas. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2

Selain itu, Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.





Untuk menambah pengetahuan kalian tentang pohon lagi, berikut beberapa fakta tentang Pohon:


1.   Tiga pohon yang ditanam di tempat yang tepat di sekitar bangunan dapat menghemat biaya AC sampai 50 persen.

2.   Pohon meningkatkan nilai properti. Rumah dikelilingi oleh pohon bisa terjual 18-25 persen lebih tinggi dari rumah tanpa pepohonan.

3.   Pohon menghasilkan pekerjaan dan memberi kontribusi bahan baku untuk bangunan, surat kabar, buku dan lebih dari 15.000 produk hutan lainnya. Pohon dapat diperbaharui, dapat terurai secara biologi dan dapat didaur ulang. Kayu bisa diolah lebih lanjut menjadi produk seperti vitamin, plastik, rasa vanila, film fotografi, pasta gigi dan obat-obatan.

4.   Dengan penanaman 20.000.000 pohon, akan tersedia 260.000.000 ton lebih oksigen bagi bumi dan penduduknya. Pohon sebanyak itu akan menghapus 10 juta ton CO2.

5.   Pasien dengan pemandangan pohon menghabiskan hari 8 persen lebih sedikit di rumah sakit.Konsumen bersedia untuk menghabiskan lebih banyak uang di komplek perbelanjaan yang terdapat banyak pohon.



Nah, setelah tahu banyak tentang pohon, kalian pasti makin sayang dengan Pohon. Hanya saja, masih banyak dari kita yang belum mengerti dan melihat pohon dari segi ekonomi saja. Boleh menebang pohon, asalkan dengan izin yang jelas dan disertai dengan penanaman kembali.

"If we're destroying our trees and destroying our environment and hurting animals and hurting one another and all that stuff, there's got to be a very powerful energy to fight that. I think we need more love in the world. We need more kindness, more compassion, more joy, more laughter. I definitely want to contribute to that." -- Ellen DeGeneres

Spread the love for the trees! Selamat Hari Pohon!

-------------

Sumber: 
http://www.jerenk.com/2013/11/sejarah-hari-pohon-sedunia.html
http://hmtl.tl.itb.ac.id/2014/11/30/10-fakta-tentang-pohon/
http://www.belantaraindonesia.org/2011/12/manfaat-pohon-bagi-kelangsungan-hidup.html

2 komentar:

  1. selamat hari pohon..
    pohon memang memegang peranan yang sangat pentin buat paru2 dunia.. sayangnya, aksi tebang liar masih aja marak dari zaman ke zaaman

    BalasHapus
  2. sebetulnya kita tahu7 manfaat pohon tapi pura2 gak tahu kalau menyangkut uang

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About

Official website of Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin