YOUTH AGAINST SMOG CONTESTS



Kabut asap merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup terbesar yang tengah dialami masyarakat Indonesia. Kebakaran hutan dan lahan yang paling besar terjadi pada tahun 1997 yang membakar sekitar setengah dari total keseluruhan lahan di Indonesia yakni 263.991 ha. Penyebab kebakaran hutan di lahan Indonesia bisa terjadi akibat faktor manusia dan faktor alam. Kenyataannya, baik faktor alam dan manusia bisa terjadi secara bersamaan. Biasanya, hutan dan lahan di Indonesia dibakar untuk kegiatan pembukaan lahan. Namun, kebakaran menjadi meluas karena didukung juga oleh kondisi cuaca yang sangat panas akibat fenomena El Nino.

Menurut penelitian David Glover tahun 2002, kabut asap dari kebakaran hutan di Indonesia tahun 1997 telah membawa kerugian cukup besar bagi Indonesia, yaitu sekitar US $ 4 milyar. Kerugian tersebut mencakup kerugian kayu, pertanian, perkebunan, produksi hutan, keanekaragaman hayati, pelepasan karbon, biaya pemadaman kebakaran, kesehatan, transportasi, dan pariwisata.

Melihat fakta-fakta tersebut, HMTL FT-UH sebagai himpunan yang baru saja terbentuk di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, sesuai dengan maksudnya yaitu mengembangkan kreativitas dan sebagai penggerak baik di bidang keilmuan maupun sosial masyarakat berbasis Teknik Lingkungan, maka HMTL FT-UH mengadakan "YOUTH AGAINST SMOG CONTESTS" yang merupakan sebuah perlombaan essay, fotografi dan videografi dengan tema “KABUT ASAP DI INDONESIA” yang dijadikan sebagai wahana bagi para mahasiswa Indonesia untuk turut aktif berpartisipasi menyumbangkan suaranya mengenai isu lingkungan hidup yang sedang marak terjadi di beberapa titik di Indonesia ini.

Kategori Lomba

1. Lomba Fotografi
2. Lomba Videografi
3. Lomba Essay Ilmiah

Menangkan hadiah total jutaan rupiah! So what are you waiting for?
Info lebih lanjut, bisa download TOR-nya disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Official website of Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin